Cara Menghitung Bep Break Even Point Bisnis Lebih Mudah

Jika Anda seorang pelaku usaha maka Anda perlu memahami cara menghitung balik modal agar mampu menetapkan goal minimal penjualan per hari atau per bulan. Masalahnya, tidak semua perusahaan baru memiliki sumber daya yang mumpuni untuk melakukan semua analisa dan perhitungan ini. Karyawan banyak berada di bagian produksi dan belum ada yang bisa membantu mengerjakan soal keuangan. Mengetahui prediksi berapa banyak barang yang hendak diproduksi agar tidak melebihi kuantitas sehingga complete keuntungan bisa menutup biaya pengeluaran. Perusahaan akan tahu berapa kira-kira harga jual minimal suatu barang agar tidak mengalami kerugian. Anda mungkin bertanya-tanya kapan waktu yang tepat untuk menganalisis break even point.

• Perusahaan dapat lebih memahami sejauh mana dampak perubahan harga jual, biaya, dan volume penjualan. Yang dimaksud dengan harga penjualan merupakan harga jual yang ditetapkan dalam satuan unit barang atau jasa yang telah diproduksi oleh suatu perusahaan. Pertimbangan tentang produk baru dalam menentukan berapa tingkat penjualan yang harus dicapai agar perusahaan memperoleh laba. Perusahaan mengetahui sejauh mana perubahan harga jual, biaya dan volume penjualan.

Mari kita pelajari simulasi untuk menghitung target laba ini. Dengan FC, VC, dan P yang sama dengan contoh sebelumnya, perusahaan ini menargetkan laba sebesar Rp 80 juta per bulan. Untuk membuktikan dan bisa lebih memahami analisis titik impas atau BEP, Anda bisa melihat contoh soal berikut ini. Dengan menggunakan metode ini, pengusaha dapat mengetahui berapa keuntungan dari suatu produk yang berhasil dijual dengan mengukur hasil dari penjualan terhadap keuntungan.

Menghitung titik balik modal suatu usaha

Variable cost yaitu biaya yang timbul dari setiap unit penjualan contohnya setiap 1 unit terjual, kita perlu membayar komisi salesman, biaya antar, biaya kantong plastik, biaya nota penjualan, dll. Suatu perubahan dalam biaya tetap mengakibatkan perubahan pada impas tapi tidak mempengaruhi laba kontribusi. FC, VC, dan P mengikuti contoh sebelumnya, dengan tambahan perusahana ini mempunyai goal laba sebesar one hundred juta perbulan. Berdasarkan analisis perhitungan diatas, perusahaan bisa mengetahuai laba yang hendak didapat menurut besarnya penjulana minimal.

Nilai pendapatan berfungsi untuk proyeksi pendapatan pada periode selanjutnya dengan nilai keuntungan dan/atau jumlah unit dan harga yang berbeda. Perubahan yang dimaksud adalah ada atau tidaknya aktivitas operasional perusahaan untuk memproduksi barang pada periode tertentu. Misalnya biaya tenaga kerja, biaya sewa, atau biaya penyusutan peralatan. Mengetahui perubahan nilai laba jika terjadi perubahan harga produk. Hal ini karena nilai BEP dengan harga produk dan laba memiliki hubungan linier.

Bukan nilai buku saham yang tercatat dalam akta atau pembukuan usaha mereka. Kalau anda ingin beli perusahaan Gojek hari ini maka minimal harus punya uang Rp one hundred forty five triliun itu. Bila anda punya usaha warung makan bermodal Rp 50 juta yang kemudian memberikan laba bersih setahun Rp 100 juta, apakah anda akan gunakan semua laba bersih itu untuk kepentingan pribadi di luar usaha? Anda pasti akan menyisihkannya untuk ditanamkan lagi ke dalam usaha sebagai modal untuk pengembangan bisnis di tahun berikutnya. Misalnya Rp eighty juta disisihkan untuk usaha, Rp 20 juta anda ambil untuk pribadi. Rp 80 juta itu disebut sebagai Laba Ditahan, dan Rp 20 juta itu disebut dividen.

Margin kontribusi sendiri adalah selisih antara pendapatan dari hasil penjualan dengan biaya variabel. BEP adalah titik dimana pendapatan dari usaha sama dengan modal yang dikeluarkan, tidak terjadi kerugian atau keuntungan. Break Even Point menjadi ukuran yang penting dalam bisnis. Namun seringkali pengusaha mengartikan BEP dengan balik modal.

Comments are Disabled