Cek Sertifikat Vaksin Pengunjung, Sgm Siapkan Aplikasi Pedulilindungi Di 6 Lokasi

Sebagai contoh, berikut penggunaan PeduliLindungi dalam penerapan protokol kesehatan di pusat perbelanjaan/mal. Pengunjung wajib verify in dengan aplikasi PL, diperiksa suhu badannya di pintu masuk, serta mendapatkan barcode sesuai riwayat vaksinasi dan take a look at COVID-19. Bambang mengatakan uji coba ini mengacu pada kebijakan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia dan aturan pemerintah dalam Inmendagri No 34 Tahun 2021. Peraturan yang isinya penggunaan aplikasi peduli lindungi untuk pengunjung dan karyawan mall yang bertujuan melakukan skrining saat memasuki Solo Grand Mall.

Adapun jika ingin masuk ke dalam mal, masyarakat dapat menunjukkan standing vaksinasinya dengan cara melakukan Scan QR Code yang disediakan oleh pihak mal. Lamanya SMS masuk tersebut bervariasi, ada yang langsung menerima SMS segera setelah proses vaksinasi selesai, ada pula yang baru menerima SMS 1-2 hari setelah proses vaksinasi, baik penyuntikan pertama maupun kedua. Sertifikat Vaksin yang tertera di sana bergantung pada jumlah dosis yang diterima. Jika sudah melakukan vaksinasi lengkap maka akan tersedia dua sertifikat. PeduliLindungi merupakan aplikasi yang dikembangkan Pemerintah melalui kerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana , dan operator telekomunikasi. Aplikasi ini membantu instansi pemerintah dalam melakukan pelacakan digital untuk menghentikan penyebaranCovid-19.

Dengan demikian, kegiatan tersebut dapat berlangsung lebih aman, cepat, serta nyaman, sekaligus mengurangi potensi penumpukan antrean dan mendukung penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19. Pemanfaatan PeduliLindungi juga penting dalam penerapan perpanjangan PPKM, di mana pemerintah melaksanakan beberapa uji coba penyesuaian aktivitas masyarakat. Salah satunya, sebagai fungsi skrining untuk memasuki suatu tempat atau área. Melalui aplikasi PeduliLindungi, orang tersebut dapat diperiksa standing vaksinasinya, hasil tes COVID-19 atau apakah ada kontak eratnya dengan pasien COVID-19. Barcode hijau untuk pengunjung yang sudah vaksin minimal dosis pertama, bukan kasus COVID-19, dan bukan kontak erat, maka diperbolehkan masuk mal dengan standar prokes hijau.

Oleh karena itu, Kementerian Kominfo mengingatkan masyarakat agar tidak percaya dengan isu yang beredar dan mengajak untuk menginstal PeduliLindungi,” kata Dedy. Lampirkan juga foto KTP dengan NIK jelas dan swafoto dengan memegang KTP, serta kartu vaksinasi. Nama Lengkap, NIK KTP, Tempat Tanggal Lahir, dan nomor hp serta penjelasan knowledge apa saja yang ingin diubah. Email juga harus dilampirkan dengan biodata lengkap, swafoto dengan memegang KTP, dan menjelaskan keluhannya. Jika sudah melakukan vaksin lengkap, kedua sertifikat akan bisa dibuka. Namun, jika baru dosis satu, hanya sertifikat dosis satu yang bisa dibuka.

Barcode kuning untuk pengunjung yang belum vaksin, bukan kasus COVID-19, dan bukan kontak erat juga diizinkan masuk mal, namun dengan standar prokes kuning. Solo — Solo Grand Mall mulai melakukan uji coba serta sosialisasi syarat vaksin untuk masuk mall. Sedikitnya ada enam titik yang akan dipasangi Aplikasi PeduliLindungi untuk mengecek bukti vaksin. Seperti yang telah dijabarkan di atas, sertifikat vaksinasi saat ini telah menjadi salah satu syarat untuk menggunakan transportasi umum jarak jauh terutama kereta dan juga pesawat. Jika kamu seseorang yang sering melakukan perjalanan domestik antar kota dengan kedua moda transportasi itu, sertifikat vaksinasi sekarang menjadi sesuatu yang wajib kamu punya.

Selain itu juga Luhut mengatakan di tempat moda transportasi akan dibuat pos vaksinasi bagi penumpang. Cukup simpan sertifikat vaksin kamu di dalam handphone lalu tunjukkan ke petugas yang memintanya jika dibutuhkan. Dedy mengatakan isu yang beredar di masyarakat mengenai aplikasi PeduliLindungi rawan phising dan malware dan bisa mencuri knowledge pribadi tidaklah benar. Kami akan menjaga informasi yang akurat dan terkini, namun Kami tidak dapat menjamin keakuratan informasi.

“Bisa saja, mereka yang belum divaksin harus menunjukkan surat sehat dari dokter atau hasil tes swab antigen,” kata dia. Public Relation SGM, Ni Wayan Ratrina mengatakan, pengunjung yang belum divaksin tidak bisa masuk mall. Sebagaimana diketahui, pemerintah saat ini menerapkan penggunaan aplikasi Peduli Lindungi sebagai sarana skrining untuk mengurangi penularan Covid-19 di tempat-tempat publik dan keramaian.

Untuk transportasi, baru di sektor penerbangan saja yang menggunakan aplikasi Peduli Lindungi. Khusus untuk tes antigen hasil tes dan surat keterangannya bisa kamu dapatkan dalam waktu 1 jam sejak sampel diambil. Sementara untuk tes PCR, tersedia pilihan paket dari 6 jam dan forty eight jam dengan harga yang terjangkau.

Johnny menyarankan pada masyarakat untuk segera mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut. Bagi yang penasaran dan ingin tahu apakah namanya tercantum sebagai penerima Vaksin Covid-19, silakanbuka pedulilindungi.id untuk mengeceknya. “Dan ada 619 orang yang ditolak masuk oleh sistem dan tidak diperkenankan untuk masuk ke dalam pusat perbelanjaan/mal dalam seminggu terakhir,” kata Luhut.

Jika belum memiliki akun Peduli Lindungi, lakukan registrasi sama seperti cara registrasi melalui situs pedulilindungi di atas. Karena manfaatnya sangat penting untuk kamu dan kita semua, terutama dalam menghentikan penularan Covid-19. Kamu juga dapat melihat informasi lain PeduliLindungi di situs pedulilindungi.id.

Comments are Disabled