Kecanduan Belanja Bisa Tergolong Sebagai Gangguan Kesehatan Psychological

Perhatikan apakah harga baju yang semurah itu kualitasnya mirip dengan baju yang Rp 50 ribu atau justru jauh di bawah. Jangan sampai baru sekali dipakai malah langsung luntur setelah dicuci. Satu hal yang pasti, sebesar apapun gaji kamu tidak akan pernah cukup jika tidak dikelola dengan baik. Cobalah syukuri apa yang dipunya hari ini dan hindari menambah hutang hanya untuk kebutuhan konsumtif yang tidak ada urgensinya. Ingat, kamu harus berhemat dan tegas dalam mengelola keuangan agar tidak minus setiap bulan.

Untuk menikmati fasilitas-fasilitas tersebut anda mesti merogoh kocek selain biaya tiket masuk. Menyalakan keran untuk mencuci produk segar seperti sayuran dapat menghabiskan hingga 10L air per menit. Untuk menghindari hal tersebut, simak cara menghemat air PDAM berikut ini. Jika kamu memilih untuk berlangganan air di PDAM, setiap bulannya perusahaan distribusi air bersih tersebut akan memberikan tagihan sesuai dengan jumlah air yang digunakan.

mengurangi gaya hidup boros

Selain lebih sehat, jumlah yang kamu keluarkan juga lebih sedikit dibandingkan beli di restoran. Belanja suatu barang dengan sistem grosir biasanya akan mendapatkan diskon khusus. Hal ini menguntungkan dan memang merupakan salah satu strategi untuk hidup hemat. Biasanya orang akan mencari harga yang paling murah untuk membeli suatu barang.

Nah, mulai sekarang kamu harus waspada dan mengendalikan hasrat belanja. Caranya, isi saldo e-wallet seperlunya saja dan hanya gunakan untuk kebutuhan prioritas. Dari sini mungkin kamu akan melihat banyak pengeluaran kecil yang tidak disadari cukup menguras keuangan. Ambil sikap tegas agar kebocoran-kebocoran kecil ini tidak terjadi lagi.

Mengurangi pengeluaran dan menambahkan penghasilan mungkin agak sulit dilakukan. Namun beberapa orang menjalani side job untuk menambahkan penghasilannya. Banyak opsi yang dapat dilakukan untuk menambah penghasilan, dengan mulai berinvestasi, membuka toko on-line atau pekerjaan lainnya. Sebaiknya seseorang terutama memiliki lebih dari satu sumber penghasilan. Meskipun ungkapan ini kurang enak didengar, tetapi kalau dipikir-pikir ada benarnya. Memang uang bukan segalanya, tetapi kalau tidak punya uang saat dibutuhkan pasti muncul masalah.

Jikapun membayar dengan non-tunai, sebaiknya menggunakan kartu debit. Anggaran memiliki peran penting dalam mengendalikan pengeluaran. Oleh sebab itu, agar keuangan senantiasa sehat maka buatlah anggaran dan daftar belanja rutin.

Senantiasa membelanjakan uang kita sesuai dengan anggaran yang telah ditentukan dan dibuat, karena dengan kita melakukan pembelanjaan yang sesuai dengan anggaran akan mengurangi kebiasaan boros tersebut. Lakukanlah beberapa penghematan yang rasional dan masih mungkin dilakukan. Ubah pola konsumsi dan pembelanjaan secara bertahap untuk belajar melangkah secara bertahap sesuai dengan anggaran yang dibuat.

Gaya hidup menggambarkan “keseluruhan diri seseorang” dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Metode pembelajaran dari rumah akan membuat Si Kecil menggunakan laptop computer, komputer, atau handphone lebih lama dari biasanya. Setiap orang memiliki bebannya masing-masing, oleh karena itu pengeluaran tak terduga tidak dapat disamakan. Namun ada beberapa hal yang umumnya menjadi sumber pengeluaran tak terduga. Namun, hal itu tidak akan terjadi pada orang yang pintar berhemat.

Ketika Berbelanja kesalahan yang sering dilakukan adalah membawa uang tunai terlalu banyak. Sadar atau tidak, tindakan ini akan membuat Anda menjadi lebih boros. Niatnya cuma beli satu barang berubah menjadi dua barang karena uang yang dibawa cukup untuk beli keduanya. Ketika kita mengetahui dengan baik apa yang menjadi kelemahan kita, maka kita dengan mudah dapat menghindarinya dan menjauh dari hal tersebut. Hal ini juga berlaku dalam masalah kebiasaan belanja kita yang buruk, di mana kita akan sering berperang dengan diri kita sendiri ketika kita mendatangi mal dan melihat banyak barang-barang bagus di sana. Jauhi mal dan pusat perbelanjaan, jika tempat itu memang membuat kita sulit berhemat.

Terlalu sering ke minimarket akan membuat Anda jadi boros karena mengeluarkan uang untuk hal-hal yang kurang penting. Apalagi harga produk di minimarket juga lebih mahal dibandingkan pasar tradisional, toko kelontong, atau grocery store grosir. Potluck adalah aktivitas makan bersama dengan menu makanan yang dibawa oleh masing-masing pesertanya.

Comments are Disabled