Membangun Image Sosial Yang Baik

Ketika lawan bicara kita belum selesai menjelaskan, usahakan untuk tidak memotong pembicaraannya walaupun mungkin ada beberapa hal yang ingin segera kamu respon. Selain hal ini terkesan kurang sopan, memotong pembicaraan lawan cerita juga bisa membuat mereka merasa kesal dan tidak nyaman. Berada di posisi yang lebih tinggi terkadang bisa membuat kita terlena dan secara tidak sadar lebih mudah dalam merendahkan orang lain, entah itu merendahkan standing, fisik ataupun pekerjaan mereka. Itulah mengapa kita selalu diingatkan untuk menjaga lisan supaya perkataan kita jangan sampai menyakiti perasaan orang lain.

Contohnya, saat kita berada di dalam angkutan umum, atau saat berada di tempat umum lainnya. Biasanya sudah tertera jelas di dinding sebuah tulisan peringatan dilarang merokok. Tetapi masih banyak orang di luar sana yang tetap merokok, dan tidak menghargai orang di sekitarnya. Nilai nyata kehidupan berasal dari hubungan kita dengan orang lain. Menghargai orang lain dapat membuat orang lain merasa percaya diri dan tentunya akan berdampak juga pada dirimu sendiri.

Insya Allah ini menjadi satu kerja bersama untuk membuat Jakarta lebih baik, warganya lebih tangguh, dan kita keluar sebagai pemenang dalam tantangan ini. KONTAN.CO.ID -Jakarta, 22 Juni 2021 Secara umum, literasi digital sering kita anggap sebagai kecakapan menggunakan web dan media digital. Namun begitu, acap kali ada pandangan bahwa kecakapan penguasaan teknologi adalah kecakapan yang paling utama. Padahal literasi digital adalah sebuah konsep dan praktik yang bukan sekadar menitikberatkan pada kecakapan untuk menguasai teknologi. Seorang pengguna yang memiliki kecakapan literasi digital yang bagus tidak hanya mampu mengoperasikan alat, melainkan juga mampu bermedia digital dengan penuh tanggung jawab.

Indah sekali ayat ini, nama baik dan dikasihi orang ternyata lebih baik dari pada perak dan emas, terlebih indah dari pada kekayaan yang besar. Orang yang bisa menghargai, memberikan penghargaan kepada orang dan bisa memuji orang, menjadi orang yang dikasihi, orang yang akan mendapatkan reputasi yang baik pula. Dan kata firman Tuhan, ini lebih indah dari pada emas dan perak.

Menghargai orang

Hal ini, kata Anies, menjadi tugas dari seluruh jajaran Forkopimda untuk mengampanyekan, mengingatkan dan mendisiplinkan seluruh warga masyarakat berbagai lapisan. TABLOIDBINTANG.COM- Setiap wanita tentu berharap mendapatkan pendamping hidup yang baik. Tak heran jika proses seleksi biasanya dilakukan sangat ketat dan memikirkan banyak aspek. Bahkan jika pihak keluarga turun tangan, prosesnya bisa makin panjang lagi karena melibatkan bibit, bebet, dan nonot. Hal ini, kata Anies, menjadi tugas dari seluruh jajaran Forkopimda untuk mengkampanyekan, mengingatkan, dan mendisiplinkan seluruh warga masyarakat berbagai lapisan. Menurut keduanya, ketentuan-ketentuan soal HAM dari Pasal 28A sampai 28I UUD 1945 telah dibatasi atau “dikunci” oleh Pasal 28J UUD 1945.

Sementara Diane Maluso, Associate Professor of Psychology di Elmira College, juga enekankan pentingnya peran orangtua dalam mendidik anak. Anak-anak belajar tentang sikap orangtua terhadap orang lain dari cara orangtuanya berinteraksi dan dengan ungkapan-ungkapan yang dilontarkan mengenai orang lain. Lewat sikap serta bahasa yang digunakan orangtuanya terhadap orang lain, si kecil belajar tentang konsep diri dan relasinya dengan orang lain. Dan tentu saja, membangun kemampuan berinteraksi dan saling menghormati dengan orang lain tidak dapat dilakukan secara instan maupun dipelajari lewat nasihat semata. Setiap anak butuh dibimbing dan diajari cara bagaimana menghargai orang lain sejak kecil. Dalam kegiatan ekonomi, kita perlu saling menghargai kegiatan usaha ekonomi yang dilakukan orang lain.

Jika masyarakat damai dan harmonis akan meminimalisir konflik sosial yang akan menimbulkan perpecahan. Image yang baik pun akan terlihat sehingga masyarakat tersebut dipandang sebagai masyarakat yang harmonis dan dapat menjadi contoh maupun motivasi bagi masyarakat di bagian tempat yang lain. Berikut ini adalah beberapa tips – ideas mendasar dalam menghargai orang lain. Dengan memahami dasar – dasar menghargai orang lain dari hal yang kecil dapat membantu meningkatkan kesadaran dan rispek yang lebih besar dalam menghargai orang lain. memahami bahwa kedudukan setiap orang adalah sama, tidak dilihat dari standing sosial, ras, agama, dan lainnya.

Sebagai seorang yang bijak, buatlah konten yang mencirikan siapa diri kita, misal kita ikut membagikan konten-konten positf yang memberikan dampak serupa bagi orang lain juga hingga khalayak luas,” ia ingatkan. Rita juga menjelaskan kewajiban-kewajiban anak dalam bersosial, yaitu menghormati orang tua; mencintai keluarga, dan masyarakat; serta mencintai tanah air. Untuk menghargai pendapat orang lain, bukanlah perkara yang mudah, apalagi bagi anak-anak.

Karena Anda ingin orang lain menghargai Anda sebelum itu penting untuk tahu cara meningkatkan keyakinan diri agar Anda mampu memandang diri Anda sendiri sebagai pribadi yang sama berharganya seperti orang lain. Dengan mengetahui cara agar percaya diri, berarti Anda memberi diri Anda penghargaan yang ingin Anda berikan pada orang lain. Tak ada salahnya kan, untuk memulai mengungkapkan apresiasi dengan kata bijak menghargai orang lain. Ungkapan semacam ini sebenarnya tak hanya baik untuk orang-orang di sekitarmu, namun juga baik untuk dirimu sendiri.

Comments are Disabled