» Pentingnya Berinvestasi Sejak Dini Moduit

Maka, mereka akan belajar menyesuaikan dan memilih waktu yang tepat untuk membeli barang favorit dengan uang tabungannya. Jika hal tersebut dilakukan terus-menerus, maka akan terbentuk suatu kebiasaan untuk mengatur sendiri keuangan sampai usianya dewasa. Dari beberapa poin yang sudah disebutkan di atas, poin ini merupakan yang terbaik, yaitu persiapan untuk masa depan yang lebih baik.

Dengan menabung kamu sudah belajar untuk lebih bijak mengatur keuangan yang kamu miliki. Menghindari membeli sesuatu hal yang kurang berguna dan menyisihkan uang kamu untuk ditabung agar kebutuhan dana saat hari tua nanti bisa tercukupi. Anda bisa mengajarkan anak dengan cara konvensional atau menabung ke dalam celengan. Bisa juga Anda membuatkannya rekening untuk menyimpan uang dan melatih mereka untuk menabung. Tentunya hal tersebut harus dilakukan sejak anak masih berusia dini agar anak mudah mengerti manfaat menabung untuknya kelak. Tenang aja kamu bukan satu-satunya orang yang merasakan hal seperti itu.

Jika dilakukan secara rutin, uang receh tersebut juga bisa memberikan hasil yang tak terduga, lho. Jika sudah mencapai nominal yang cukup besar, Moms tinggal menabungkannya di financial institution. “Alasan terakhir adalahFinancial Freedom.Kita ini bekerja untuk uang, namun ketika uang itu diinvestasikan nantinya dia akan bekerja yang lama-lama jumlahnya semakin besar dan bisa membiayai hidup kita di masa tua,” jelasnya. “Jangan hanya mengeluarkan uang untuk kesenangan atau kebutuhan sehari-hari saja, tetapi menabung untuk masa depan juga sangat penting,” terang Financial MentorBibit.iditu.

Namun, biasanya semakin bertambahnya penghasilan, maka keinginan untuk menghabiskannya juga akan menjadi lebih besar. Kamu harus tetap menjaga komitmen untuk menyisihkan uang sebagai dana pensiun. Para ahli melaporkan bahwa mengajarkan anak tentang uang, termasuk menabung sejak usia dini. Ketika kamu ingin memulai tabungan anak, pastikan kamu membimbing si kecil untuk menyimpan dana yang dimilikinya untuk tujuan tertentu.

Kamu bisa mencoba menabung dengan risiko yang rendah seperti menabung emas. Jika kamu memiliki tabungan, kamu memiliki dana yang bisa kamu gunakan apabila ada keadaan darurat yang mengharuskan kamu memiliki dana lebih. Tabungan ini juga akan menjadi ‘penyelamat’ untuk kamu dikala ada kebutuhan yang mendesak atau darurat di masa depan. Jika menabung sejak dini, kamu bisa mengatur skala prioritas seperti berapa persen tabungan atau berapa persen yang kamu harus sisihkan untuk pengeluaran.

Pentingnya menabung

Bank tidak akan meminjamkan uang untuk membeli rumah kecuali Anda memiliki uang muka. Biasanya, uang muka minimal harus 5 persen dari harga beli rumah, dan kemudian bank akan mempertimbangkan untuk meminjamkan 95 persen lainnya kepada Anda. Namun, untuk memulai kebiasaan menabung dan berinvestasi bukanlah hal yang mudah. Mengutip dari Laku Emas, jika setiap orang menabung sedini mungkin maka akan banyak sekali keuntungannya, terutama untuk kehidupan finansial masa depan.

Bukan tanpa alasan, menabung dan berinvestasi sangat bermanfaat supaya memiliki dana darurat. Manfaat menabung untuk anak sejak dini juga bisa melatih mereka untuk mengajarkan bagaimana caranya menyisihkan uang untuk dana darurat. Tak hanya mengajarinya bagaimana caranya untuk berusaha meraih apa yang dia inginkan seperti mainan baru ataupun sepatu baru, mempersiapkan uang untuk keperluan hal yang tak terduga juga penting dilakukan. Memimpikan hidup mudah saat masa tua tentunya menjadi suatu keinginan hampir setiap orang di Indonesia melihat berbagai jalan sekarang. Langkah paling jelas dan menjadi pilihan banyak orang adalah menabung dengan ragam jenis untuk diikuti.

Kurangi membeli barang-barang yang tidak diperlukan hanya karena godaan sesaat atau sedang tren. Misal anak sangat ingin membeli mainan terbaru yang harganya cukup mahal, selalu motivasi anak untuk menyisihkan uang jajannya agar impiannya segera tercapai. Menurut dia, pandemi Covid-19 tentu menjadi pelajaran berharga yang menyadarkan kita tentang kemungkinan ketidakpastian kondisi keuangan sejak dini. Oleh karena itu, mempersiapkan menabung serta berinvestasi tentu menjadi pilihan agar dapat melindungi nilai uang dari inflasi sehingga kemampuan daya beli tetap bertahan di masa yang akan datang. Selain tentunya dana darurat yang kita sisihkan pada saat kondisi regular akan menjadi benteng pertahanan.

Mulailah untuk menabung pada tempat yang tidak dengan mudah dilihat, misalnya celengan. Kemudian, akan terus berlanjut menabung di financial institution, yang mana uang tak terlihat dan bukan hal mudah untuk diambil seperti di toples atau amplop. Pertumbuhan ekonomi di Indonesia saat ini sedang berkembang, pada tahun 2016 ditargetkan pertumbuhan ekonomi akan lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

Comments are Disabled